Upaya Pemertahanan Bahasa Masyarakat Manduro melalui Publikasi Kelas kata Tuturan Masyarakat Manduro Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang

Authors

  • Diana Mayasari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1064

Keywords:

kosakata, , tuturan masyarakat manduro

Abstract

Kosakata dalam bahasa Indonesia terdiri dari sepuluh jenis kata, yakni kata benda, kata kerja, kata keterangan, kata sifat, kata ganti, kata depan, kata bilangan, kata sambung, kata seru, dan kata sandang. Keunikan kosakata yang digunakan oleh masyarakat tutur Manduro, yakni keberbedaannya dengan Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar masyarakat sekitar. Fenomena tersebut menarik perhatian penulis untuk meneliti jenis kosakata yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kosakata yang digunakan oleh masyarakat Manduro sebagai media pemertahanan bahasa. Dengan harapan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai publikasi bahasa agar terhindar dari perubahan, pergeseran dan kepunahan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah kalimat tuturan masyarakat Manduro dan data yang dipilih adalah kata-kata yang muncul dalam setiap tuturan masyarakat tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian ini ditemukan adanya sembilan jenis kata dalam tuturan masyarakat Manduro, yakni semua jenis kata yang terdapat dalam kosakata Bahasa Indonesia yakni kata benda, kata kerja, kata keterangan, kata sifat, kata ganti, kata depan, kata bilangan, kata sambung, kata seru sedangkan kata sandang tidak ditemukan.

References

Alwi, H., Soenjono, D., Hans, L., & Anton M.M. (2003).Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul, dan Leonie Agustina (2010). Sosiolinguistik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Creswell, J. W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif. Kuantitatif, dan Mixed (Terjemahan Achmad Fawaid).Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku Asli Diterbitkan Tahun 2009).

Fasold, Ralph. 1984. The Sociolinguistics of Society. Oxford: Basil Blackwell.

Fasold, Ralph. 1990. The Sociolinguistics of Language. Oxford: Basil Blackwell

Fishman, Joshua A. 1972. The Sociology of Language. Rowley: Newbury House.

Hidayarohmah, W.N. (2013). Pergeseran Bahasa Madura pada Masyarakat Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang.Ejournal.UNESA.ac.id.vol 1. No 1.

Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguistic. New York. Longman.

Labov, William.1994. Principles of Linguistic Change. Volume I. Blackwell.

Masnur, Muslich, 2010. Tata Bentuk Bahasa Indonesia Kajian Ke Arah Tatabahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya Offset.

Permadi, A.D. (2013). Deskripsi Konstruksi Sosial dalam Membentuk Identitas Simbolik Oreng Manduro. (eJournal: UnairantroUnairDotNet, vol 2/no. 1/ Jan-Pebruari 2013 (232-247)).

Putrayasa, Ida Bagus. 2008. Analisis Kalimat. Bandung: Refika Aditama.

Setiawati, Esti. Dkk. 2019.Vitalitas Bahasa, Diglosia, Dan Ketirisannya: Pemertahanan Bahasa Manduro Di Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Jurnal Widyaparwa, Volume 47, Nomor 2, Desember 2019

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Verhaar, J.W.M. (1992). Pengantar Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Verhaar. J.W.M. (dalamkerjasamadengan Fr. B. Alip dkk.).(2006). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: GadjahMada University Press.

Verhaar. J.W.M. (2010). Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: GadjahMada University Press.

Wardhaugh, Ronald. 1998. An Introduction Sosiolinguistik Third Editor. Oxford: Basil Blackwell Ltd.

Yasin, Sukhan. 1987. Tinjauan Deskriptif Seputar Morfologi. Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Published

16-04-2021

How to Cite

Mayasari, D. . (2021). Upaya Pemertahanan Bahasa Masyarakat Manduro melalui Publikasi Kelas kata Tuturan Masyarakat Manduro Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1017–1024. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1064

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check