Strategi Sukses Mengelola Keuangan dalam Bisnis Konveksi Baju dengan Menggunakan Metode ABC: Perencanaan Anggaran yang Efisien, Pemantauan Arus Kas yang Cermat, dan Pengelolaan Aset yang Bijak

Authors

  • Tiar Lina Situngkir Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Mulky Ismail Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Najla Nurul Husnina Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Sandika Naufal Fawwaz Wijaya Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Sekar Nirwana Ros Sinta Aji Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Sri Ayu Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Yossy Marsyatrinisa Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12442

Keywords:

Bisnis Manufaktur, Harga Pokok Produksi, Metode Penetapan Biaya Berdasarkan Aktivitas

Abstract

Ada beberapa pertanyaan yang kami ajukan kepada pemilik konveksi Harapan Jaya, 1. Apakah perusahaan konveksi ini menerapkan perhitungan biaya produk berdasarkan metode ABC. 2. Cara merampingkan biaya menggunakan metode ABC (Activity Based Costing) untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Metode yang kami gunakan adalah metode ABC. Metode ABC adalah metode atau sistem dalam akuntansi biaya yang dapat memberikan informasi atau data dari hasil perhitungan secara akurat yang melacak setiap proses produksi sehingga informasi ini dapat digunakan sebagai alat pengambilan keputusan dalam penetapan harga. Temuan utama dari artikel yang kami tulis adalah bahwa data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup informasi yang diperoleh langsung melalui pengamatan pada konveksi Harapan Jaya. Kesimpulannya adalah bahwa perusahaan konveksi Harapan Jaya diharapkan menggunakan metode perhitungan ABC untuk memasukkan identifikasi aktivitas, pengumpulan data biaya, identifikasi pendorong biaya dan alokasi biaya. Metode ABC juga memberikan informasi yang akurat mengenai biaya aktual untuk memproduksi produk atau layanan dan dapat membantu manajemen membuat keputusan yang lebih tepat mengenai harga produk, keuntungan, dan efisiensi operasional.

References

Windahsari, Leni. (2018). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Anggaran Belanja Pada Pengadilan Negeri Slawi. Tugas Akhir. Prodi Akuntasi Politeknik Harapan Bersama

Tegal Susanto, A., & Wijaya, R. (2017). Analisis Perbandingan Metode Biaya Standar dengan Metode Biaya Riil pada PT. XYZ. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 14(1), 1-22.

Mulyadi. (2015). Sistem Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Wokas, H. R. N., & Caroline, T. C. (2016).Analisis Penerapan Target Costing dan Activity-based Costing sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Pengendalian Biaya Produksi pada UD. Bogor Bakery. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(3), 1054-1104.

Riwayadi .2014. Akuntansi Biaya Pendekatan Tradisional dan Kontemorer. Jakarta : Salemba Empat.

Lutfi,Maulana,Suryani,Linda. 2020. Analisis Penerapan Activity Based Costing Dalam Penentuan Harga Pokok Produk Pada UD. Bersama. Retrieved From https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/503/447

Mowen dan Hansen. 2013. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat. Mulyadi. 2014. Akuntansi Biaya.Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN

Rizki, P. (2019).Analisis Perhitungan Biaya Produksi Menggunakan Metode Full Costing Untuk Menetapkan Harga Pokok Produksi Pada PT. Catur Putra Surya di Surabaya. ????, 8(5), 55.

Pulungan, R. Z. (2017). Perhitungan Unit Cost Dengan Metode Activity Based Costing (Abc) Sebagai Alternatif Penentuan Tarif Rawat Inap Rsud Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2017. 1–105.

Rachmawulan, D. L., & Yuni. (2018). Analisis Perbandingan Biaya Produksi Menggunakan Metode Biaya Tradisional Dengan Metode Activity Based Costing (Studi Pada PT. Super Plastin Tasikmalaya) Dwi. JAWARA: Jurnal Wawasan Dan Riset Akuntansi, 5(2), 101–113.

Rahmawati, E., & Suharno, S. (2016). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Pada CV. XYZ. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(10), 1-18.

Nurhayati, R., & Prasetyo, A. (2018). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Job Order Costing Pada PT. XYZ. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 18(1), 1-10.

Rudianto, E. (2013). Activity Based Costing: Konsep Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

06-01-2024

How to Cite

Situngkir, T. L., Ramadhan , M. I., Husnina, N. N., Wijaya, S. N. F., Aji, S. N. R. S., Lestari, S. A., & Marsyatrinisa, Y. (2024). Strategi Sukses Mengelola Keuangan dalam Bisnis Konveksi Baju dengan Menggunakan Metode ABC: Perencanaan Anggaran yang Efisien, Pemantauan Arus Kas yang Cermat, dan Pengelolaan Aset yang Bijak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 633–645. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12442

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check