Peranan Bimbingan Karir untuk Kematangan Eksplorasi Karir Siswa

Authors

  • Riyan Rahmadani Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • A. Muri Yusuf Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Afdal Afdal Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Bimbingan Karir, Kematangan Eksplorasi Karir

Abstract

Bimbingan karir menjadi salah satu bagian integral yang harus terus menerus diberika kepada para peseta didik. Karena apabila tidak adanya bimbingan karir tersedia maka akan banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam menentukan jenjag karir yang akan mereka pilih. Bimbingan karir memiliki peranan yang begitu penting dalam meningkatkan kematangan eksplorasi karir pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman lebih jelas mengenai peranan dari bimbingan karir pada tingkat kematangan eksplorasi karir siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka yang pada dasarnya dilakukan dengan mengumpulkan berbagai macam referensi yang mendukung kebenaran dari sebuah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan karir siswa harus memenuhi lima indikator yang slaing berkaitan. Berbagai indikator dalam program pengembangan bimbingan karir diantaranya adalah keterlibatan siswa dalam melakukan pemilihan karir yang akan dijalankan, orientasi yang mereka miliki terhadap suatu pekerjaan, konsep pemilihan karir, proses penilaian diri, dan juga proses pemecahan masalah dalam karir yang dijalankan.

References

ABKIN. (2007). Rambu Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal : Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Afdal dkk. 2014. Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidkan. Volume 2 No.3. hlm 1-7

Afdal, M. Suya, Syamsu & Uman. 2014. “Kolaboratif Bimbingan Karir Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA". Jurnal Konseling Dan Pendidikan 2 (3): 1–7. http://jurnal.konselingindonesia.com.

Dillard, J. M. (1985). Life Long Career Planning. Charles E. Meril Publishing Co. Ohio.

Nurihsan, J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar kehidupan. Refika Aditama. Bandung.

Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Winkel. (1997). Bimbingan dan Konseling di Instansi Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Yusuf, A. M. (2002). Kiat Sukses dalam Karier. Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

17-07-2021

How to Cite

Rahmadani, R. ., Yusuf, A. M. ., & Afdal, A. . (2021). Peranan Bimbingan Karir untuk Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3098–3101. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1349

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check