Penerapan Analisis SWOT pada Wilton Cafe & Resto

Authors

  • Arum Jayati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Dewi Ayu Melyana Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Pasti Yohana Zein Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Perina Rama Jihan Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Dian Puji Puspita Sari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Keywords:

analisis SWOT, Wilton Cafe & Resto, bisnis makanan

Abstract

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis makanan juga memiliki kelemahan & ancaman. Penelitian ini melakukan penerapan analisis SWOT pada Wilton Cafe & Resto dipusat perbelanjaan Living World Pekanbaru untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada bisnis makanan tersebut. Wilton Cafe & Resto memliki kekuatan yaitu tempat yang strategi, desain iterior yang aestehtic dan instagramable, fasilitas yang disediakan lengkap, tempat usaha yang luas, keanekaragaman menu, kualitas makanan yang tinggi, selalu berinovasi dalam menciptakan menu baru, harga yang terjangkau, promosi dimedia sosial, brand name. Kelemahanya yaitu tidak dapat dinikmati oleh semua orang, bahan baku yang tidak tahan lama, belum melakukan promosi melalui media televisi. Peluangnya yaitu  berada didepan pintu masuk yang sering dilalui pengunjung, menyediakan beberapa paket menu makanan, mempunyai ciri khas menu, dan promosi yang dilakukan gratis. Ancamannya yaitu banyaknya pilihan bisnis makanan disekitar, banyaknya usaha yang sejenis, dan bahan baku yang sulit dicari. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tidak ada populasi dan sampel. Penelitian ini menggunakan informan kunci untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

References

Analysis Usaha Rumah Makan Pondok Ale-Ale Pontianak.

Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (2014). Menggunakan Analisis Swot dan Metode QSPM ( Quantitative Strategic Planning Matriks ) ( Studi Kasus Restoran Big Burger Malang ) Plan of Restaurant Development Strategy Using Swot Analysis and Qspm ( Quantitative Strategic Planning Matrix ) Methods ( Case. Jurnal Industria, 3(2), 93–106.

Rangkuti, F. (2006). ANALISIS SWOT TEKNIK MEMBEDAH KASUS BISNIS. PT Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=UHV8Z2SE57EC&oi=fnd&pg=PP11&dq=analisis+swot+&ots=PvJOq4tHZD&sig=1gLvWrqtht1pYfYYFMAHAlc-CQ4

Tatimu, C. (2014). Analisis Swot Terhadap Pemasaran Pada Rumah Makan Pondok Selera 88 It Center. Jurnal Administrasi Bisnis UNSRAT, 3(001).

Downloads

Published

19-07-2021

How to Cite

Jayati, A. ., Melyana, D. A. ., Zein, P. Y. ., Jihan, P. R. ., & Sari, D. P. P. . (2021). Penerapan Analisis SWOT pada Wilton Cafe & Resto. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3127–3131. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1357

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check