Dampak Sistem Fleksibel Manufaktur Pada Teknologi Manufaktur Maju

Authors

  • Julistia Wulandari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Mustika Oktaviani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Pebrina Mellani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

Keywords:

Flexible Manufacturing System, Teknologi Manufaktur Maju

Abstract

Flexible manufactur system (FMS) atau yang lebih dikenal dengan sistem manufaktur merupakan salah satu sistem yang dapat bereaksi secara fleksibel terhadap adanya perubahan-perubahan. Adanya perubahan pada urutan proses dalam pembuatan produk (routing flexibility) dan juga perubahan tipe produk yang akan dihasilkan (machine flexibility) merupakan beberapa macam perubahan yang terjadi dalam sistem manufaktur. Dengan adanya penggunaan sistem manufaktur maju pada teknologi manufaktur maju (advanced manufacturing technologies) akan meningkatkan dan mendorong perusahaan – perusahaan untuk dapat meningkatkan daya saing terutama pada kondisi globalisasi ekonomi didunia ini. Adanya penerapan teknologi manufaktur maju dapat berdampak terhadap kepada cara pengendalian operasi manufaktur. Dalam pengendalian operasi sistem manufaktur di lingkungan manufaktur maju penerapkan just in time, celluler manufacturing, dan total quality control dapat dilakukan agar sistem dapat berjalan dengan baik. Pembahasan fleksibel manufaktur ini didasarkan pada sering terjadinya pergeseran dari perhitungan harga pokok pesanan ke perhitungan harga pokok proses.

References

Riwayadi. 2016. Akuntansi Biaya, Pendekatan Tradisional dan Kontemporer. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Edi Sukarmanto. 2000. Pengelolaan Biaya Manufaktur Pada Lingkungan Teknologi Manufaktur Maju. Jurnal Unisba. Volume 16, No.1.

MM Irfan Subakti. 2003. Simulasi dan flexibelitas pengurutan pada flexible manufacturing system

Danial, Warsiah, 2009. Metode Penelitan, Studi Literatur. E-Jurnal Unicom.

Zed, 2008. Penelitian Ilmiah, Penelitian Studi Literatur.

Yayan, 2009, Sistem Manufaktur Fleksibel.

Downloads

Published

19-07-2021

How to Cite

Wulandari, J. ., Oktaviani, M. ., & Mellani, P. . (2021). Dampak Sistem Fleksibel Manufaktur Pada Teknologi Manufaktur Maju. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3132–3137. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1358

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check