Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Adinda Vega Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Delima Nelsyaf Putry Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Fauzana Azima Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Tati Wulandari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Dian Puji Puspita Sari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1378

Keywords:

Strategi Pemasaran, Tokopedia, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan pada Tokopedia di Indonesia dengan menggunakana SWOT terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kemajuan teknologi yang sangatlah cepat hingga menyentuh pada ranah industri perdagangan di Indonesia. Salah satu perusahaan perdagangan di Indonesia yang sudah memanfaatkan dengan kemajuan teknologi adalah PT.Tokepedia Indonesia yaitu berbasis perdangangan online atau disebut juga marketplaces. Marketplaces ini menyediakan jasa antara suplier dan kosumen untuk melakukan jualbeli dan transksi. Dengan kemunculuan berbagai marketplaces mempermudah transaksi perdagangan di Indonesia di masa pandemi. Konsumen tidak perlu lagi untuk berbelanja untuk kbutuhan sehari-hari diluar rumah, dengan mengandalkan gadget dan kuota internet sudah bisa berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara-cara yang dilakukan oleh PT. Tokepedia dalam mengembangkan maketplaces-nya di Indonesia. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka dan kajian literatur (Library Research Or Literatur Riview) yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka yang digali melalui jurnal ilmiah, buku, web, dll. Fokus penelitian ini ditekankan pada kepustakaan (Library Research Or Literatur Riview). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis SWOT dengan menganalisis lingkungan internal (IFAS) meliputi kekuatan dan kelemahan sedangkan, lingkungan eksternal (EFAS) meliputi peluang dan ancaman yang kemudian di implementasikan ke dalam bentuk matrik SWOT.

References

----------.2012. “mengulik sejarah lazada Indonesi.” Tersedia di https://www.tokopedia.com/about/ Diakses pada tanggal 19 Juli 2021.

----------.2016. “peringkat situs belanja online di Indonesia.” Tersedia di www.alexa.com Diakses pada 19 Juli 2021

James A. O’brien and George M. Marakas. 2010. Introduction to InformationSystem. Mc Graw-Hill Irwin companies.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2007). “A Trust-based consumer Decision Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents”. Proceedings of NinthAmericas Conference on Information Systems.pp157-167.

Downloads

Published

23-07-2021

How to Cite

Vega, A., Nelsyaf Putry, D., Azima, F., Wulandari, T., & Puji Puspita Sari, D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3249–3254. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1378

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check