Penggunaan Model Everyone Is Teacher Here Pada Tema 8 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Talamau

Authors

  • Aldi Saputra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Tema 8, Model Everyone Is Teacher Here

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar tema 8 menggunakan model Everyone is Teacher Here di kelas IV SD Negeri 24 Talamau, Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini diadakan secara dua siklus, yaitu siklus satu terdiri dari dua pertemuan  dan siklus dua terdiri dari satu pertemuan. Subjek dalam penelitan ini adalah guru kelas IV sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan peserta didik klas IV SD Negeri 24 Talamau yang berjumlah siswa 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan, yaitu: a) hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 80,68%, mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 86,36%. b) hasil aktivitas guru pada siklus I adalah 80%, meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. c) hasil aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 83,75%, meningkat pada siklus II menjadi 90%. d) penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan persentase 61,3%, kemudian bertambah saat siklus dua dengan persentase 80,65%. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Everyone is Teacher Here pada tema 8 dapat meningkatkan hasil belajar.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryaningrum, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di Kelas VIII Smp Negeri 1 Habibati, P. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Koloid Siswa Kelas XI IA di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol.2 No.1, 66.

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamzah. 2011. Menjadi Peneliti PTK YANG Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Hisyam, Z. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: Insan Mandiri

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Profesi Guru. Jakarta: RajawaliPress.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusnita, L. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn Dengan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD Vol.6 No.2

Belitang III Oku Timur. e-Jurnal Ilmiah CIVIS, Vol.5 No. 2, 799.

Downloads

Published

31-07-2021

How to Cite

Saputra, A. . (2021). Penggunaan Model Everyone Is Teacher Here Pada Tema 8 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Talamau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3670–3677. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1447

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check