HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU HONOR PAUD SE-KECAMATAN KUALA KAMPAR KABUPATEN PELALAWAN

Authors

  • Nurhidayani Nurhidayani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Rita Kurnia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Ria Novianti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.342

Keywords:

Efikasi Diri, kepuasan kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kepuasan kerja guru honor PAUD Se-Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD se-Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 50 orang. Metode yang digunakan yaitu korelasi Pearson Product Moment. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan uji coba skala dan analisis metode statistik dengan program SPSS Ver. 22. Berdasarkan hasi uji hipotesis yang diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kepuasan kerja guru honor PAUD Se-Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar  rxy= 0,361 dan taraf signifikansi 0,050 < 0,05. Tingkat hubungan antara efikasi diri dengan kepuasan kerja guru PAUD Se-Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan termasuk kedalam kategori rendah dengan nilai koefisien determinasi yang dihasilkan 13,03%, memiliki makna bahwa efikasi diri memberi pengaruh sebesar 13,03% terhadap kepuasan kerja. 

References

Adelina Deila. 2018. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.http://eprints.umm.ac.id (diakses 15 september 2019).
Jess Feist, dkk. 2017. Teori Kepribadian Edisi 8. Salemba Humanika: Jakarta.
Jonathan Sarwono. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. PT Elex Media Komputindo. Yogyakarta.
Ozie Herfin Lufiana. 2017. Hubungan Antara Subjective Well-Being Dengan Kepuasan Kerja Guru Honorer.http://eprints.ums.ac.id (diakses 15 september 2019).
Ridwan dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Syofian Siregar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif . Kencana. Jakarta.

Downloads

Published

03-12-2019

How to Cite

Nurhidayani, N., Kurnia, R., & Novianti, R. (2019). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU HONOR PAUD SE-KECAMATAN KUALA KAMPAR KABUPATEN PELALAWAN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1199–1206. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.342

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check