ANALISA MANFAAT SENI UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Main Article Content

Dewi Nilam Sari
Farida Mayar
Aini Hijriani

Abstract

Masa usia 4-6 tahun diidentikkan sebagai masa usia dini karena pada saat ini anak sudah dianggap cukup mampu untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan baik secara fisik maupun mental. Mengingat perkembangan utama yang terjadi selama masa usia dini sering disebut sebagai usia penjelajah yaitu masa penguasaan dan pengendalian lingkungan. Maka, pada masa ini anak-anak ingin selalu mengetahui keadaan lingkungannya, bagaimana mekanisme kerja dari sesuatu, bagaimana perasaannya, dan bagaimana anak mampu menjadi bagian dari lingkungan.Setiap anak dilahirkan dengan keunikan sendiri, mereka memiliki kemampuan atau keterampilan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga anak telah membawa sejumlah potensi yang terdapat dalam dirinya.Potensi tersebut meliputi berbagai imajinasi yang menjadikan kreativitas anak menjadi berkembang.Imanisi bisa digukan untuk meningkatkan serta mengoptimalkan perkembangan mereka.Salah satunya dengan kegitan seni. Berbagai kegiatan seni dirasa mampu meingkatkan berbagai aspek perkembangan lainnya, seperti kognitif,  motoric dan moral.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, D., Mayar, F., & Hijriani, A. (2019). ANALISA MANFAAT SENI UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1359-1364. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.359

References

Departemen Pendidikan Nasional.(2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Dewi, Ni Komang S.C., Suyanta, I Wayan. (2018). Pembelajaran seni dan teknologi digital sebagai media belajar dan perkembangan anak usia dini. Pramata Widya, Vol.3. No. 1.
Hamruni. (2009). Edutaiment dalam Pendidikan Islam dan Teori-Teori PembelajaranQuantum. Yogyakarta : Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Hildayani, Rini.(2005). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jamalus.(1988). Panduan Pengajaran buku Pengajaran musik melalui pengalamanmusik.Proyek pengembangan Lembaga Pendidikan. Jakarta.
Rachmawati, Yeni. (2005) Musik sebagai pembentuk budi pekertu.Yogyakarta : Panduan press.
Santoso.2007 Santoso S., (2006). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini MenujuAnak yang Sehat dan Cerdas Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Penabur. TahunV (7)
Suyadi.(2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosdakarya.
Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Yulianti, Ratna. (2016). Pembelajaran tari kreatif untuk meningkatkan pemahaman cinta lingkungan pada anak usia dini. Jurnalo pendidikan dan kajian seni.Vol 1 No 1.