MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Main Article Content

Farida Mayar
Winarti Winaerti
Tasia Febrisia

Abstract

Beberapa ahli mengklaim bahwa pada dasarnya anak-anak dilahirkan dengan potensi kreatif, hanya bagaimana orang tua atau guru mampu merangsang potensi kreatif melalui kegiatan atau rangsangan yang menyenangkan sesuai dengan usia anak. Berangkat dari itu, TK Islam Bukittinggi Unggul sebagai objek ini juga menerapkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler di, dalam upaya mengembangkan kemampuan kreatif anak. Jadi para peneliti tertarik untuk memeriksa jenis kegiatan ekstrakurikuler apa yang dikembangkan, dan bagaimana mereka dikelola. Metode penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data tentang kemajuan proses kegiatan kemudian tercermin untuk menarik kesimpulan untuk menentukan dan merencanakan pelaksanaan perbaikan. Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya diselenggarakan secara mandiri, tetapi lembaga mengelola dan merencanakan dengan cermat kegiatan pengembangan yang akan dilakukan bersama siswa dan bimbingan diberikan pada setiap kegiatan yang disediakan, sehingga dari penelitian ini dapat dilihat bahwa melalui manajemen yang baik Dari kegiatan ekstrakurikuler, potensi kreativitas anak dapat berkembang dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mayar, F., Winaerti, W., & Febrisia, T. (2019). MANAJEMEN PROGRAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1352-1358. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.360

References

Masganti, Dkk. (2016) Pengembangan Kreatifitas AUD: Teori dan Praktek. Medan: Perdana Publishing
Myesty, Mary. (1999). Creative Activities for Young Children. 4ͭ ͪ Ed: Play Development, and Creativity. New York: Delmar Publisher inc.
Santrock, J.W. (2008). Educational Psychology.(alih bahasa Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana
Suryana, Dadan. (2019). Manajemen PAUD Berbasis Akreditasi Lembaga.Jakarta: Prenadamedia Grup

Most read articles by the same author(s)