PERUBAHAN POLA PEMUKIMAN MASYARAKAT ULU 7 SUNGAI MUSI KOTA PALEMBANG

Main Article Content

Tarmizi Bayur
Firman Firman
Rusdinal Rusdinal

Abstract

Perubahan Pola Pemukiman Masyarakat Ulu 7 Sungai Musi Kota Palembang pada dasarnya disesuaikan dengan ciri-ciri ekologis dari lingkungan pemukiman dengan memiliki jumlah penduduk terbesar yang berada di daerah-daerah yang memiliki irigasi dan pertambahan penduduk akan memerlukan perubahan structural pemukiman sedemikian rupa sehingga terbentuk konsentrasi urban dalam lingkungan. Pemukiman pingiran sungai musi tercatat selalu terjadi peningkatan jumlah penduduk dari tahun ketahun. Mengunakan pedekatan penelitian yaitu kualitatif dengan metode studi kasus. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian pada perubahan pola pemukiman masyarakat Ulu Tujuh Sungai Musi Kota Palembang, yaitu bentuk perubahan pola pemukiman salah satunya pola pemukiman memanjang dan bentuk perubahan konstruksi bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bayur, T., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). PERUBAHAN POLA PEMUKIMAN MASYARAKAT ULU 7 SUNGAI MUSI KOTA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1408-1410. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/375

References

Aprizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta.
Lahji, K., & Iskandar, J. (2010). Kearifan Lokal Dalam Penyelesaian Struktur Dan Konstruksi Rumah Rakit Di Sungai Musi - Palembang. Local Wisdom, 2(2), 37–45.
Santoso Soeroso. (2002). Mengarusutamakan Pembangunan Berwawasan Kependudukan di Indonesia. Jakarta.