PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI TKJ 1 SMK N 1 BANGKINANG KOTA

Authors

  • Mauliyani Radjendra SMK Negeri 1 Bangkinang, Kampar, Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.382

Keywords:

Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaraan Kooperatif Intergroup Investigation

Abstract

Aktifitas merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil belajar akan meningkat bilamana peserta didik memliki aktifitas yang tinggi dalam belajar. Dengan aktifitas akan dapat menghilangkan perasaan malu, takut, kurang percaya diri dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar SiswaKelas XI TKJ 1 SMKN Bangkinang Kota Khususnya Pembelajaran PKn menggunakan pembelajaran kooperatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil pengamatan dan test. Data dioalah menggunakan analisis deskriptif seperti yang disarankan Suharsismi (2008) dan Depdikbud (1995). Pengolahan data tersebut terdiri dari aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMKN 1 Bangkinang Kota. Peningkatan terjadi pada pertemuan I dan II. Ketuntasan klasikal pada akhir siklus I adalah 37% sedangkan pada akhir siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 93%. Pencapaian ketuntasan klasikal tersebut lebih signifikan lagi bila dibandingkan dengan ketuntasan hasil belajar Bahasa Inggris siswa ketika pembelajaran konvensional pada semester sebelumnya yaitu 50%.  Peningkatan aktifitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa melalui pembelajaran kooperatif telah melecut motivasi guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran untuk selalu berkreasi dan berinovasi untuk menggali potensi siswa. Aktifitas tidak tumbuh begitu saja namun mesti dirangsang, salah satunya dengn model pembelajaran kooperatif. Karena pembelajaran kooperatif memberikan peluang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengekpresikan diri serta wadah untuk berkompetisi dalam belajar dengan mengedepankan azas-azas sosial seperti saling mengahargai dan tanggung jawab. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif intergroup relation dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar  siswa kelas XI TKJ SMKN Bangkinang Kota Pada Mata Pelajaran PKn.

References

Abdurrahman, M, dan Totok. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema dalam Belajar; pedoman Guru. Jakarta : proyek Peningkatan Mutu, Depdiknas.
Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia Widisarana Indonesia.
Depdikbud 1995. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta.
Enco Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Rosda Karya.
Kanda Ruskandi. 2001. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Melalui Pengembangan Model Cooperative Learning. Bandung: PPs-UPI
Muhammad Ansyar dan Nurta`in. 1991/1992. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Nasrun Harahap, dkk. 2002. Tekhnik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Bulan Bintang.
Nurhadi, dkk. 2004. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Depdiknas.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Slavin, Robert. E.1994. Cooperative Learning ;Theory, Research and Practice. Second Edition. London : John Hopkins university.
Sudarsosno sudirjo dan Eveline Siregar. 2004. Media Pembelajaran Sebagai Pilihan dalam Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Suharsismi, Arikunto. 1993. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Syaiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Walgito, Bimo. 1997. Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Fakultas Psikologi.
Wina Sanjaya. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Sekolah. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Downloads

Published

03-12-2019

How to Cite

Radjendra, M. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI TKJ 1 SMK N 1 BANGKINANG KOTA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1453–1462. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.382

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check