PELAKSANAAN TOILET TRAINING ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM NIBRAS PADANG

Main Article Content

Widiawati Widiawati
Serli Marlina
Yaswinda Yaswinda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya toilet training bagi anak usia dini pada usia 2-4 tahun yang dilaksanakan setiap hari di PAUD Islam Nibras. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana standar operasional prosedur toilet training, tanda kesiapan toilet training, latihan menggunakan toilet training tersebut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah anak dan guru PAUD Islam Nibras Padang. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Penganalisian data dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata dan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa standar operasional prosedur telah dilaksanakan semua guru dan anak, tanda kesiapan toilet training semua anak sudah terlihat, latihan menggunakan toilet training pada usia 2-4 tahun yang menunjukkan toilet training anak  sudah berkembang sangat baik. Kesimpulan anak mengikuti aturan dan instruksi yang diberikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widiawati, W., Marlina, S., & Yaswinda, Y. (2020). PELAKSANAAN TOILET TRAINING ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM NIBRAS PADANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 1-6. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/417

References

Casnuri. (2017). Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan penggunaan diapers pada anak usia dini toddler di posyandu dusun banjeng maguwoharjo. (vol 12 nomor 2)
Hidayat,Azis Alimul.(2004).pengantar ilmu keperawatan 1.Jakarta:Salemba Medika.
Khairunisah. (2016). Hubungan penerapan toilet training terhadap kemandirian anak usia dini 4-6 tahun di tk sirajul huda kecamatan jeumpa kabupaten bireuen. (vol. 2 nomor 3)
Kemdikbud. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiyono & Nursyahid.(2013).Rahasia Mendidik Anak Cerdas Meningkatkan Daya Pikir, Kesehatan,Dan Kreatifitas Anak. Jakarta: PT Suka Buku.