PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KAUS KAKI FLANEL DI TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (YLPI) GAUNG KOTA PADANG

Main Article Content

Meiliza Feronika

Abstract

Salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini adalah kognitif. Pengenalan konsep bilangan merupakan salah satu aspek kognitf. Latar belakang dari penelitian adalah 10 anak dari 14 anak yang peneliti ajar mengalami kesulitan dalam  mengenal konsep bilangan dari 11 sampai 20 dan mengurutkan bilangan tersebut. Selain itu anak belum mampu menghitung jumlah benda dan mencocokkan jumlah benda dengan bilangan yang sesuai Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui media Kaus Kaki dari Kain Flanel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian kelompok B2 dengan jumlah 14 orang anak. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I sebanyak tiga kali pertemuan dengan persentase kategori berkembang sangat baik 31%. Pada siklus II  sebanyak tiga kali pertemuan dengan persentase kategori berkembang sangat baik 86 %. Disimpulkan bahwa media media kaos kaki dari kain flanel dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan di Taman Kanak-kanak Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Gaung Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Feronika, M. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KAUS KAKI FLANEL DI TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (YLPI) GAUNG KOTA PADANG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 27-32. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/422

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakrik. Jakarta. Rineka Cipta.
Astuti, Sri Andri. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Program Prezi pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Madrasah Aliyah Al tarbawi Al haditsah jurnal pendidikan Islam, 4 ( 1)
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jakarta : Ar-Ruzz Fadlillah
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Nai'mah, Tri dan Dwiyanti, Retno. 2017. Pelatihan Pembuatan Media Boneka Dari Kaos Kaki Untuk Pembelajaran Berkarakter di Taman Kanak-kanak. Jurnal pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, 1 (1)
Permana, Erwin Putera. 2015. Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kakii untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Profesi Pendidikan Dasar 2( 2), 133 – 140
Putri, Restu Emidal dan Iswari, Mega. Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaos Kaki bagi Anak Tunagrahita. Juppekhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6 (1)
Rangkuti, Rosanna dan Hasibuan, Rabitah Hanum. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan melalui Media Kartu Angka untuk Mengembangkan Kognitif. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education. 1 (2) http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.925
Rohaeni, Enny Siti dan Gunadi, Andi. 2018. Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan melalui Media Fauna Pantai pada Anak Usia 4-5 Tahun. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (1)
Sartika, Indah Dwi. 2017. Peningkatan Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan melalui Media Bulletin Board. Raudhatul Athfal Jurnal pendidikan Islam anak usia dini, 2 (2)
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajagrafindo
Susilawati, Ni Luh dkk.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha 6 (1)
Syafitri, Ockti dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4 (3)
Syukur, abdul dan Fallo, Yulianty Thabita. 2019. Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG PAUD Trunojoyo Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6 (1)