PENERAPAN KERANGKA TANDUR QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Main Article Content

Rona Supitmie

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar pada dua materi pokok sebelum materi Sistem Persamaan Tiga Variabel, menunjukan perlu adanya perbaikan pada sistem pembelajaran. Sesuai dengan perkembangan zaman dan aspek psikologi peserta didik bahwa mereka lebih menyukai kegiatan pembelajaran yang membuat mereka aktif, oleh sebab itu peneliti tertarik meneliti tentang penerapan model pembelajaran kerangka tandur Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika peserta didik di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu pada materi Sistem Persamaan Tiga Variabel dengan menerapkan kerangka TANDUR Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengambil data dengan menggunakan format pengamatan proses belajar, dan Penilaian Harian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: data tentang keaktifan peserta didik kategori Amat Baik, pertemuan pertama 45.16%, pertemuan kedua 58.06%, pertemuan ketiga 67.74%, pertemuan keempat 77.42%, pertemuan kelima 87.09% dan pertemuan keenam 96.77%. Ketuntasan hasil Belajar pada siklus I adalah 74.19% dan pada siklus II meningkat menjadi 90.32%. Tampak dari data tentang keaktifan peserta didik, dan ketuntasan hasil belajar terjadi peningkatan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kerangka Tandur Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Supitmie, R. (2020). PENERAPAN KERANGKA TANDUR QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 134-142. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/439
Section
Articles

References

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)., 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, BSNP, Jakarta.
DePorter, Bobbi., Reardon, Mark., and Norie,Singer Sarah., 2009, Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas, Terjemahan Ary Nilandari, PT Mizan Pustaka, Bandung
Dimyati dan Mudjiono., 2006, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Lestari, Leli., 2010, Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII-C SMP PGRI Pekanbaru, Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pekanbaru (tidak diterbitkan)
Sanjaya, Wina., 2009, Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Sudjana, N, 2004, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sutikno, Sobry., 2007, Model Pembalajaran Interaksi Sosial, Pembelajaran Efektif dan Retorika. Refika Aditama, Bandung.