PERAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)

Main Article Content

Diana Mayasari
Irwansyah Irwansyah

Abstract

Sosiolinguistik memiliki peran dalam pembelajaran bahasa,yakni adanya berbagai sumbangan terhadap pengajaran bahasa sebagai manifestasi sosiolinguistik dalam bidang linguistik terapan. Sosiolinguistik sebagai bagian dari linguistik makro tidak hanya membahas aspek-aspek yang sempit, namun juga berbagai aspek yang luas, seperti variasi bahasa yang digunakan dalam sekolah, interferensi sebagai bentuk penyimpangan bahasa, dan etnografi komunikasi sebagai wujud masyarakat yang beraneka budaya. Bahan atau materi di dalam pengajaran bahasa juga ditentukan oleh sosiolinguistik, yakni untuk menentukan variasi bahasa yang muncul di sekolah, adanya kesalahan bahasa karena pengaruh kontak bahasa sehingga muncul interferensi, serta adanya etnografi komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kontribusi sosiolinguistik dalam penentuan variasi bahasa yang digunakan di sekolah, penentuan interferensi yang muncul pada komunikasi pembelajar sebagai suatu bentuk kesalahan bahasa, etnografi komunikasi dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk pengguna bahasa asing, dan penyediaan bahan pengajaran bahasa dari sudut pandang sosiolinguistik. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran dalam pembelajaran BIPA yakni untuk menentukan bahasa pengantar, materi pembelajaran dan perencanaan pembelajaran (silabus). Pemilihan variasi bahasa dengan menggunakan etnografi komunikasi dibutuhkan dalam pembelajaran untuk terwujudnya komunikasi yang dapat dipahami antarpartisipan yang memiliki perbedaan budaya, bahasa dan adat istiadat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mayasari, D., & Irwansyah, I. (2020). PERAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 189-199. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/443
Section
Articles

References

Bloomfield, Leonard. 1995. Language(Diindonesiakan oleh I. Sutikno). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudharma, Fatimah. 2010. Metode pLinguistik Ancangan Metode Penelitian Dan Kajian. Bandung: PT refika aditama.
Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, Walter R.(2003). Educational Research An Introduction Seventh Edition. New york: pearson education inc.
Hafido, Khusnul. 2012. Interferensi Sintaksis Bahasa Jawa Terhadap Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Kelas Viii Mts Negeri Keras Diwek Jombang. Perpustakaan STKIP PGRI Jombang. Tidak diterbitkan.
Kartomiharjo, Suseno, 1988. Bahasa Cermin Kehidupan Bangsa. Jakarta: P2LPTK
Kaseng, Sjahruddin. 1989. Linguistik Terapan: Pengantar Menuju Pengajaran Bahasa yang Sukses. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Macalister, J.( 2010). Language Curriculum Design. New York: Roudledge.
Moleong, Lexy. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja rosdakrya offset.
Munifatulloh, Feni. 2003. Pronomina dan Acuan Persona dalam Bahasa Indonesia:: Kajian Sosiolinguistik. Perpustakaan STKIP PGRI JOMBANG tidak diterbitkan.
Paulstom, Christina Bratt and Tucker. G. Richard. 2003. Sosiolinguistics. Blackwell Publishing.
Parera, Jis Daniel. 1986. Linguistik Edukasional : Pendekatan Konsep dan Teori Pengajaran Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Saville, Muriel., Troike. 2003. The Ethnography of Communication: An Introdution (Third Edition). London: Blackwell Publishing.
Spolsky, Bernard. 2010. Sosiolinguistics. New York: Oxford University Press.
Spolsky, Bernard. dan Francais M. Hult. (2008). The Hanbook Of Educational Linguistics. United kingdom: Blackwell Publishing.
Wahab, Abdul. 1998. Isu Linguistik Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.