Program Pemberian Makanan Sehat bagi Anak Usia Dini di PAUD Nur Hidayah Jakarta Barat

Authors

  • Robiah Robiah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Lia Kurniawaty Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4959

Keywords:

Makanan Sehat, Program Makanan Sehat

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini selain memberikan layanan pendidikan juga memberikan program pemberian makanan sehat yang dilaksanakan melalui pemberian makanan sehat yang seimbang untuk membantu pertumbuhan dan menunjang perkembangan jasmani dan rohani, selain itu untuk mencukupi kebutuhan gizi dalam pemberian makanan sehat yang merupakan salah satu cara untuk menghindari jajanan yang belum tentu terjaga kebersihan dan kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis program pemberian makanan sehat bagi anak usia dini di PAUD Nur Hidayah Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapat dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan Kepala Sekolah PAUD Nur Hidayah yang terletak di Jalan Kembangan Raya Jakarta Barat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Program Pemberian Makanan Sehat Bagi Anak Usia Dini sudah baik salah satunya kesehatan anak lebih meningkat, sesuai dengan prosedur dan buku panduan yang telah disediakan oleh pemerintah dan dinas kesehatan, meskipun dalam pelaksanaannya ada beberapa hambatan yang harus diperbaiki yaitu kerja sama dalam pelaksanaan program pemberian makanan sehat serta dukungan orang tua dalam memenuhi makanan sehat agar anak menjadi sehat dan mau mengkonsumsi makanan sehat karena baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

References

Andi Prastowo, 2014, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral PAUDNI Direktorat PPTK PAUDNI, 2012. Pedoman dan Bahan Ajar Diklat Berjenjang PTK PAUD : Program Gizi dan Kesehatan Anak Usia Dini.

Lestari, Ernawati. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Pemberian Makanan Balita Pada Keluarga Petani di Dusun Mandungan Srimartani Piyungan Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Boga dan Busana UIN Yogyakarta.

Rismayanti. 2014. Faktor Risiko Riwayat Keluarga, Status Gizi dan Riwayat Diabetes Mellitus Terhadap Kejadian Hipertensi Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Pattinggaloang. Laporan Penelitian. Bagian Epidemiologi Fakultas Kesehatan Fakultas Hasanuddin. Makasar.

https://www.detik.com/jateng/berita/d-5963721/angka-stunting-di-indonesia-244-bkkbn-melebihi-standar-who.

Downloads

Published

04-08-2022

How to Cite

Robiah, R., & Kurniawaty, L. . (2022). Program Pemberian Makanan Sehat bagi Anak Usia Dini di PAUD Nur Hidayah Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16123–16128. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4959

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.