PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN PADA CV. KARYA LESTARI YANG MEMPENGARUHI BIAYA PRODUKSI

Authors

  • Muhammad Fasda Andriatama Jurusan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia, Indonesia
  • Atikah Dewi Yulanda Jurusan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia, Indonesia
  • Visinamitri Ramadhani Ridarto Jurusan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia, Indonesia
  • Linda Hetri Suriyanti Jurusan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.536

Keywords:

Harga Pokok Pesanan, Metode Harga Pokok

Abstract

Perusahaan CV. dalam menentukan harga pokok pesanan menerapkan metode harga pokok pesanan (job order costing metod)agar perusahaan tidak salah dalam melakukan penghitungan dalam pengambilan keputusan mengenai harga pokok pesanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga pokok pesanan pada CV. Karya Lestari. Hasil penelitian ini dilakukan melalui sesi wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode harga pokok pesanan yang diterapkan telah sesuai dengan teori, terlihat dari dalam penetapan harga pokok produksi berdasarkan pesanan yaitu terdapat pemisahan biaya produksi yang terdiri dari biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung. Untuk penetapan biaya Overhead pabrik, perusahaan menetapkan berdasarkan pada biaya yang dibebankan langsung pada pemesan yang hal ini terlihat pada perhitungan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) dan penentuan harga pokok setiap pesanan dilakukan pada saat persanan tersebut selesai.

References

Bhayangkara, Abdi, and Meliza Putriyanti Zifi. "Perhitungan Harga Pokok Pesanan Untuk Menetapkan Harga Jual (Studi Kasus Pada Usaha Riau Alumunium)." Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis 9 (2016): 28-37.
Apriadi, I. Made Hendra, Iyus Akhmad Haris, and Kadek Rai Suwena. "Analisis Metode Harga Pokok Pesanan dalam Menentukan Harga Pokok Produksi pada PT. Mardika Griya Prasta Tahun 2014." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4.1 (2014).
Maulana, Rizal. "Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Job Order Costing Method Guna Meningkatkan Akurasi Laba Pada Perusahaan Mebel UD. CIPTA JAYA DEMAK." Cipta Jaya Demak (2011).

Downloads

Published

16-06-2020

How to Cite

Andriatama, M. F., Yulanda, A. D., Ridarto, V. R., & Suriyanti, L. H. (2020). PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN PADA CV. KARYA LESTARI YANG MEMPENGARUHI BIAYA PRODUKSI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 861–868. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.536

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check