ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 005 BINUANG AJARAN 2017/2018

Main Article Content

Astuti Astuti

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Guru dalam menyusun Soal Ujian Akhir Semester masih mengabaikan unsur validitas logis butir soal baik untuk soal pilihan ganda maupun soal uraian. Selain itu, soal yang dijadikan soal UAS diambil dari buku, bank soal pegangan guru, dan soal UAS tahun sebelumnya yang kualitas soalnya belum diketahui. Data yang di dapatkan dari guru matematika SD Negeri 005 Binuang bahwa soal yang digunakan untuk Ujian Akhir Semester belum pernah dianalisis, sehingga dilihat dari segi karakteristik penilaian butir soal kualitasnya belum diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester yang dibuat oleh guru mata pelajaran matematika dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan penggunaan distraktor. Penelitian ini juga bertujuan agar siswa diberikan soal yang sesuai dengan materi serta benar-benar dapat mengukur kemampuan matematika siswa. Subjek penelitian yang diambil yaitu siswa SD negeri 005 Binuang semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 5 kelas yaitu kelas I sampai kelas V. Objek penelitiannya dalah soal ujian akhir semester (UAS) mata pelajaran matematika, kunci jawaban dan jawaban peserta tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yaitu: soal, kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Soal yang diambil adalah soal UAS matematika siswa kelas SD Negeri 005 Binuang kelas I sampai kelas V. Kunci jawaban yang digunakan adalah kunci jawaban soal UAS matematika siswa kelas I sampai kelas V yang sudah dibuat oleh guru, namun untuk memperkuat keyakinan kunci jawaban akan di cek lagi oleh peneliti. Jawaban peserta tes yang dimaksud adalah lembar jawaban peserta yang ikut ujian UAS mata pelajaran matematika kelas I sampai kelas V. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan program SPSS. Untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan penggunaan diskraktor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astuti, A. (2020). ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 005 BINUANG AJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 867-880. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.539
Section
Articles

References

Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Granfindo Persada.
Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Granfindo Persada. Asep Jihad dan Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.
Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali dan Puji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Graindo.
Eko Putro Widoyoko. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. (2013). Penilaian Oetentik Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press. Kuseiri dan Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mimin Haryati. (2008). Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Muhammad Taufan Rusopita. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Ekonomi Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. FE: UNY.
Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur Hidayati Indra Rukmana. (2013). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Teori Kejuruan Kelas XI Akuntansi di SMK YPKK 1 Gamping , Sleman Tahun Ajaran 2012/213. Skripsi. FE UNY.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani. Sumarna Supranata. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tri Setya Ernawati. (2013). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Buatan Guru Akuntansi Program Keahlian Akuntansi Kelas X di SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. FE: UNY.
Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya