Pembelajaran Pbl Melalui Lesson Study Learning Community (LSLC) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sosiologi di STKIP PGRI Sumatera Barat

Main Article Content

Hefni Hefni

Abstract

Salah satu visi, misi dan tanggung jawab sekolah/PT adalah Menjamin pembelajaran setiap peserta didik serta meningkatkan kualitas pembelajarannya, untuk mencapai visi dan misi ini, maka sekolah/PT perlu direformasi melalui pembentukan komunitas belajar (Learning community). Pembelajaran harus dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terkait hal ini maka salah satu perubahan yang bisa dilakukan adalah dengan membangun pembelajaran kolaboratif melalui sistem pembelajaran Lesson study for Leraning Comunity (LSLC), yaitu sebuah sistem pembelajaran yang menyediakan peluang untuk menuju pada kesuksesan praktek-praktek pembelajaran (technology for instruction), dimana siswa saling mengajar sesamanya, bahkan bukan tidak mungkin ada kalanya siswa mengajar gurunya juga. Pembelajaran kolaboratif memudahkan para siswa belajar dan bekerja sama, saling menyumbangkan pemikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara kelompok maupun individu. Inti pembelajaran kolaboratif adalah bahwa para siswa belajar dalam kekompok-kelompok kecil. Antar anggota kelompok saling belajar dan membelajarkan untuk mencapai tujuan bersama. keberhasilan kelompok adalah keberhasilan individu dan demikian pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan Problem Base Learning (PBL) dalam sistem pembelajaran Lesson Study For Learning Community (LSLC) di kelas. Tahapan metode penelitian ini terdiri dari 4 tahapan pada setiap siklus yaitu: (1). Plan (Perencanaan Pembelajaran), (2). Do (Pelaksanaan dan Pengamatan Pembelajaran), (3). See (Diskusi Pasca Pembelajaran)  dan (4).  Re-Design (Mendesain kembali pembelajaran hasil refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PBL   melalui kegiatan       Lesson       Study       dapat meningkatkan   kualitas   pembelajaran mata     kuliah    sosiologi pendidikan di STKIP PGRI Sumatera Barat.    Hal    ini    dapat diamati pada setiap siklus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hefni, H. (2020). Pembelajaran Pbl Melalui Lesson Study Learning Community (LSLC) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sosiologi di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 892-901. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/545
Section
Articles

References

Copriadi. J. (2013).The Implementation of Lesson Study Programme for Developing Professionalism in Teaching Profession. Asian Social Science, 9(12), 176-186.
Duch, B. 1996. “Problem-Based Learning in Physics: The Power of Students Teaching Students.” Journal of College Science Teaching.
Garfield, J. 2006. “Eploring The Impact of Lesson Study on Developing Effective Statistic Curicullum.”
Ilma, Indra Putri dan Ratu. 2019. “Implementasi Lesson Study For Learning Cummunity Di Kelas.”
Kemmis Stephen & McTaggart Robin. 1988. The Action Research Planner. Deakin University Press.
Miles, B. M, Michael, H, 1984, Qualitative Data Analysis, dalam H.B. Sutopo, Taman Budaya Surakarta dan Aktivitas Seni di Surakarta, Laporan Penelitian, FISIPOL UNS. Surakarta.
Sudrajat, Akhmad. 2008. “Lesson Study Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran, Dalam All About Education. (Beranda>Kurukulum Dan Pembelajaran).”
Sudrajat, Akhmad. 2010. “Pengertian Pendekatan-Strategi-Metode-Teknik Dalam Model Pembelajaran, Dalam All About Education.”
Sukirman. 2006. Peningkatan Profesional Guru Melalui Lesson Study. Makalah Penelitian Lesson Study Bagi Guru-Guru Berprestasi Dan Pengurus MGMP Se-Indonesia.
Susilo, H. 2013. Kesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Seminar Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia. Jalan Argopuro 28-34 Lawang.