Meningkatkan Minat dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 SD melalui Pengembangan Game The Rotation

Authors

  • Karenhapukh Permatasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Yohana Setiawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.606

Keywords:

The Rotation, Berpikir Kritis, Minat, Ilmu Pengetahuan Alam, Game Edukasi

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil dari gabungan tiga tahap pertama Research and Development Borg and Gall serta ADDIE yang bertujuan untuk mengembangkan game edukasi dengan materi IPA kelas 6 SD. Game edukasi yang dikembangkan dinamai The Rotation sesuai dengan materi yang ada pada materi rovasi dan revolusi bumi serta gerhana bulan dan matahari. The Rotation dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan mengenai kurangnya minat anak dan kemampuan berpikir kritis di sekolah. The Rotation telah melalui validasi ahli materi IPA dan media. Berdasarkan hasil validasi kedua pakar tersebut, The Rotation dinilai sangat baik dalam meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan angka presentase 81,25% untuk materi dan 83,92%untuk uji media dari angka presentase maksimal 100%

References

Adrian, Q. J., & Apriyanti. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan Kelas 2 Berbasis Android. Jurnal TEKNOINFO.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011).E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. San Francisco USA: Pfeiffer.

Dian, W., Dkk, (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.1, No.1, Hal. 46-58.

Filsecker, M., & Kerres, M. (2014). Engagement as a volitional construct. Simulation & Gaming, 45(4–5), Hlm. 450–470. Sage Journal

Handriyantini, E. (2009). Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah TInggi Informatika & Komputer Indonesia.

Palekahelu, D. T., Hunt, J., Thrupp, R. M., & Relmasira, S. (2016). The use of smartphones and social media in schools of Kota Salatiga, Central Java. In Proceedings: International Conference on Information Communication Technologies in Education (ICICTE) 2016.

Relmasira, S., Thrupp, R. M., & Hunt, J. (2016). The Internet: The Views of Year Six Students. In Proceedings of the 2016 International Conference on Information Communication Technologies in Education (pp. 112-121). International Conference on Information Communication Technologies in Education (ICICTE).

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Shepherd, G., & Ragan, W. (1982). Modern ELementary Curriculum. Canada: CBS College Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiyadi, dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri dan Berwawasan Konservasi. Journal of Innovative Science Education. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

19-08-2020

How to Cite

Permatasari, K. ., & Setiawan, Y. . (2020). Meningkatkan Minat dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 SD melalui Pengembangan Game The Rotation. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1408–1421. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.606

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check