Peran Pendidikan Karakter terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial pada Siswa SMP Negeri 1 Sungai Geringging

Authors

  • Roza Linda 1Pascasarjana Pendidikan IPS Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rusdinal Rusdinal Pascasarjana Pendidikan IPS Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Firman Firman Pascasarjana Pendidikan IPS Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.902

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial

Abstract

Penelitian ini yang penulis buat didasarkan pada banyaknya siswa yang memiliki perilaku karakter menyimpang pada saat belajar di sekolah ataupun pada lingkungan di sekitarnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk melakukan analisa pada Peran pendidikan berkarakter dalam mata pelajaran IPS. Pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Beberapa kendala pendidikan karakter dalam mata belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Narasumber yang diangkat sebagai sumber data primer sebanyak 3 orang, terdiri dari kepala sekolah 1 orang dan 2 orang guru bidang studi IPS. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini mencakup empat alur kegiatan, seperti proses pengumpulan data,reduksi data, kemudian penyajian data, dan terakhir dilakukan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa program pendidikan yang berkarakter sudah diprogramkan, baik secara umum atapun secara khusus pada mata pelajaran IPS. Sementara itu jumlah implementasi nilai karakter sebanyak 5 jenis, yakni nilai disiplin, nilai rasa hormat dan perhatian, nilai tekun, nilai tanggung jawab dan selanjutnya adalah nilai ketelitian. Program ini sudah diimplementasikan melalui pembelajaran IPS. Penanaman dari nilai karakter yang dituju disesuaikan dengan pembelajaran setiap pertemuan materi pembelajaran, sehingga implementasi dari 5 nilai-nilai karakter tidak pada semua pertemuan pembelajaran IPS

References

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan nasional dengan pemerintah Republik Indonesia Tahun 2010 Tentang penyelenggaraan pendidikan serta wajib belajar. 2009. Bandung: Citra Umbara.

A, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Zaman Modern. Jakarta: Grasindo.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Krakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.

Tafsir Ahmad, 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Persda Karya.

Khan, Yahya, 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Lickona. 1992. Educating for character: How Our School Can Teach Respect and Responsbility. New York: Bantam Books.

Sugion. 2005. Metode Penenlitian Kualitatif dan Kuantatif, Bandung: Citra Karta.

Malik, S. Z. , & Shahid, S. (2016). Effect of Emotional Intelligence on Academic Performance among Business Students in Pakistan. Bulletin of Education and Research, 38(1), 197-208.

Setyaningrum, R. , Utami, H. N. , & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1), 211-220.

Wirawan, P. A. E. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kepuasan Dan Kinerja Karyawan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 3(1), 12-26.

Downloads

Published

20-01-2021

How to Cite

Linda, R. ., Rusdinal, R., & Firman, F. (2021). Peran Pendidikan Karakter terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Sosial pada Siswa SMP Negeri 1 Sungai Geringging. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 40–44. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.902

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.