Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru PL dalam Pembelajaran Daring di SMP N 1 Kecamatan Gunuang Omeh

Authors

  • Fauziah Sri Karmala Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Firman Firman Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rusdinal Rusdinal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.907

Keywords:

Covid 19, Pendidikan, Guru Praktek Lapangan

Abstract

Pandemi covid-19 menjadi permasalahan bagi semua kalangan di dunia dan ini juga merupakan krisis kesehatan bagi manusia. Indonesia menjadi negara kelima belas tertinggi di dunia. Akibat penyebaran covid-19 yang tinggi di Indonesia, sekolah maupun universitas atau perguruan tinggi ditutup.Maka dari itu keputusan pemerintah selanjutnya yaitu pembelajaran tetap berlangsung tapi tidak dengan tatap muka melainkan secara daring. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesulitan Guru PL dalam Pembelajaran Daring di SMP N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Penelitian kualitatif dilakukan untuk memahami faktor-faktor kesulitan Guru PL dalam Pembelajaran Daring. Pengambilan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan guru PL dalam pembelajaran daring di SMP N 1 Kecamatan Gunuang Omeh yaitu: a) jaringan susah dijangkau, b) siswa kurang memahami materi pembelajaran, 3) siswa tidak memiliki telepon, 4) siswa tidak mengerjakan tugas, 5) siswa tidak bisa melakukan praktek

References

Anugrahana, Andri.2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Volume 10, No.3.

Mastura dan Rustan Sanitaria.2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Volume 3, No 2. Jurnal Studi Guru danPembelajaran. ISSN 2654-6477.

Prastowo, A.2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press

Widiyastutik, Dwi.2013. Persepsi Guru dan Siswa Tentang Profil Mahasiswa PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Volume 1, No 2.

Downloads

Published

23-01-2021

How to Cite

Karmala, F. S. ., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru PL dalam Pembelajaran Daring di SMP N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 73–78. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.907

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check