Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Henri Yanto Daulay Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP ‘AISYIYAH RIAU, Indonesia

Keywords:

model, tematik, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana guru menerapkan pembelajaran tematik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan juga hambatan-hambatan yang ditemui guru dalam menerapkan pembelajaran tematik. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas 2 SD Negeri di Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi, catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya maka digunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan guru belum membuat pemetaan kompetensi seperti yang seharusnya. Pada pelaksanaan pembelajaran masih didominasi oleh guru dan materi masih diajarkan secara parsial. Selain itu, jenis penilaian yang digunakan adalah tes berbentuk isian, pilihan ganda dan uraian. Guru melakukan penilaian hanya pada ranah kognitif saja sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor belum dilakukan. Adapun hambatan yang ditemui guru dalam pembelajaran tematik antara lain: guru belum sepenuhnya mampu menyusun RPP pembelajaran tematik, pada pelaksanaan guru masih kesulitan dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan kurangnya media pembelajaran.

 

References

Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Abdul Majid. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosda.

Dyah Sriwilujeng. 2011. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Diakses dari http://dyahjoag92.files.wordpress.com/2012/01/6-rpp-diklat- tematik-28-nop-7-des-2011.docx. Pada tanggal 08 Januari 2021, Jam 21:00 WIB.

Isniatun Munawaroh. 2011. Pembelajaran Tematik Dan Aplikasinya Di Sekolah Dasar (SD). Diakses dari http://staff.uny.ac.id/dosen/isniatun-munawaroh- mpd. Pada tanggal 08 Januari 2014. Jam 20.30 WIB

Kunandar. 2007. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mamat, S.B. dkk, 2007. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pemebelajaran Tematik. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

09-02-2021

How to Cite

Daulay, M. I. ., & Daulay, H. Y. . (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 272–281. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/944

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check