Pelaksanaan Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Carano Indah Kecamatan Nan Sabaris

Authors

  • Nira Erman Putri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yulsyofriend Yulsyofriend Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13665

Keywords:

Pelaksanaan, Pengembangan Kreativitas

Abstract

Anak usia dini ialah masa kritis yang ditandai dengan pesatnya pertumbuhan maupun perkembangan dalam berbagai aspek, termasuk pembinaan kreativitas dari aktivitas pengembangan anak usia dini. Pentingnya pembinaan kreativitas anak adalah memungkinkan mereka mengaktualisasikan potensinya melalui kegiatan yang mendorong pemikiran kreatif, pemecahan masalah, dan ekspresi inovatif. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan kualitas hidup mereka dan berkontribusi terhadap kesejahteraan lingkungan. Untuk mencapai hal ini, pendidik harus memiliki kapasitas untuk merumuskan taktik dan menggunakan teknik dan media yang sesuai untuk menumbuhkan kreativitas pada anak-anak. Tujuan dari penelitian ini ialah agar diketahuinya metode yang efektif dalam meningkatkan kreativitas pada pendidikan anak usia dini di TK Carano Indah, dengan fokus pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan pengumpulan data seperti observasi sekolah, wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah, serta dokumentasi melalui fotografi pada saat kegiatan kelas. Penelitian dilaksanakan di TK Carano Indah yang terletak di Kecamatan Nan Sabaris pada bulan Agustus 2022. Hasil penelitian memperlihatkan jika pelaksanaan pengembangan kreativitas anak telah dilaksanakan secara efektif. Dalam proses perencanaan, guru merancang bahan dan kegiatan pembelajaran (RPPH) dan memodifikasinya agar selaras dengan indikator yang ada. Instruktur menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan menggunakan media, teknik, dan pendekatan yang menarik dan beragam. Pada saat evaluasi, guru melakukan penilaian dengan cara mengamati dan menilai sendiri hasil karya anak serta tingkat pencapaian perkembangannya di kelas.

References

Ahmadi, Rulam. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Fakriyani, Diana Vidya. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4(2), 193-200.

Hasyim, Sukarno. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera, 1(2).

Ita, Efrita. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 6(1)

Moleong. L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Monica, M. A., Mayar, F. (2019). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6).

Mulyani, Novi. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Gerak Dan Lagu Di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 13-24.

Nurhayati. (2012) Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini dengan Bereksplorasi Melalui Koran Bekas di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 2 Duri. Jurnal Pesona PAUD. 1(1)

Puspitasari, Enda. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. EDUCHILD. 1(1)

Rachmawati, Yeni (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Rupnidah, R. & Suryana, Dadan. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia. 6(1)

Rusman, (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syafitri, Y., & Sari, U. A. (2015). Pemanfaatan Animasi Dua Dimensi untuk Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, 5(1).

Tanu, I Ketut. (2018). Penggunaan Metode Mengajar di PAUD dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya. 3(2)

Downloads

Published

14-02-2024

How to Cite

Putri, N. E., & Yulsyofriend, Y. (2024). Pelaksanaan Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Carano Indah Kecamatan Nan Sabaris. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8445–8452. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13665

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check